Gagal Juara, Juventus Raup Pemasukan Tertinggi di Liga Champions

Juventus kembali gagal mengakhiri paceklik gelar di pentas Liga Champions Eropa setelah dikalahkan Real Madrid pada partai final yang berlangsung akhir pekan kemarin (04/06) dengan skor akhir 1-4. Tentu saja, kekalahan ini begitu mengecewakan bagi Bianconneri, karena itu adalah kegagalan kelima dalam lima edisi terakhir final Liga Champions yang mereka mainkan.

Namun demikian, Juventus diklaim tidak terlampau kecewa karena di lain sisi, faktanya mereka juga meraup keuntungan yang sangat besar dari ajang tahunan tersebut. Bahkan, keuntungan tahun ini adalah keuntungan terbesar dalam sejarah Liga Champions Eropa, melamapui keuntungan yang didapat sang juara bertahan, Real Madrid.

Ya, Si Nyonya sukses meraup pemasukan hingga €109 juta! Jumlah itu datang dari hadiah yang disediakan UEFA, pembagian hak siar Liga Champions dari Serie A Italia, sponsor, juga penjualan tiket pertandingan. Fakta tersebut menjadikan Juve sebagai tim dengan pemasukan terbanyak semusim sepanjang sejarah Liga Champions. Bahkan, sebelumnya tidak ada tim yang mampu menembus angka keuntungan sampai mencapai 100 Juta Euro.

Andaipun berhasil memenangkan partai final tersebut, Juventus akan mendapatkan tambahan ‘hanya’ sebesar 4 Juta Euro, atau kurang lebih 113 Juta Euro total. Sementara itu, Real Madrid yang keluar sebagai kampiun dan mengukir sejarah sebagai tim pertama yang memenangkan dua edisi beruntun dari kompetisi ini, justru ‘hanya’ mendapatkan keuntungan sebesar 80.9 Juta Euro, angka yang jauh dibawah Si Nyonya Tua.

Salah satu faktor utama melimpahnya untung yang didapat Juventus adalah fakta bahwa dua wakil Seri A italia lainnya, AS Roma dan Napoli, tidak mampu melangkah jauh di ajang ini. AS roma tersingkir di babak kualifikasi, sedangkan Napoli gagal melangkah ke babak delapan besar.

Praktis, fakta tersebut membuat pembagian hak siar televisi Serie A untuk Liga Champions jadi terfokus ke Juve. Ini juga jadi kali ketiga La Fidanzata d’Italia keluar sebagai tim dengan pemasukan terbanyak di Liga Champions, dalam lima musim terakhir partisipasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *